Gejala Penyakit Hemofilia

Tuesday, July 23rd 2013. | Penyakit Hemofilia

Gejala Penyakit Hemofilia,- Penyakit hemofilia adalah penyakit dimana terjadinya kelainan genetic pada darah, yang dimana darah mempunyai kesulitan dalam pembekuan atau kesulitan pada pembengkuan secara normal. Pada penyakit ini biasanya darah akan mengalami pembekuan dalam jangka waktu lebih lama dibandingan dengan pembekuan secara normal. Biasanya penderita penyakit ini sangat rentan terhadap pendarahan, walaupun hanya benturan tidak terlalu keras. Penyakit ini sebenarnya penyakit turunan, jadi ketika seorang ibu hamil menderita penyakit ini, maka kelak anak dalam kandunganpun akan menderita penyakit yang sama. Dan yang paling berbahaya pada penyakit ini adalah ketika terjadi pendaarhan, karena jika pada orang normal pendarahan akan berhenti setelah terjadi pembekuan pada luka, tetapi tidak pada penderita penyakit ini. Ia akan terus mengalami pendarahan, karena pembekuan pada darah yang sangat lambat. Sebelum kita bahas mengenai gejala penyakit hemofilia ada baik nya kita bahas spesipikasi dari penyakit ini.

gejala penyakit hemofilia penyebab dan cara pengobatannyaGejala Penyakit Hemofilia Penyebab dan Cara Pengobatannya

Gejala penyakit hemofilia ini dibagi menjadi dua golongan, ada golongan tipe A dan B. Pada golongan tipe A dikenal dengan nama Hemofilia klasik, yang mana tipe ini mengalami kekurangan factor pembekuan VIII. Dan pada golongan tipe B dikenal dengan nama Christmas disease, karena waktu itu penemu tipe ini bernama Steven Christmas. Yang mana pada tipe ini penderita mengalami kekurangan factor pembekuan IX. Penderita penyakit ini akan sering mengalami pendarahan jika terjadinya pendarahan pada luka. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa penderita mengalami kelainan genetic pada pembekuan darah. Adapun penyebab gejala Penyakit Hemofilia :

  • Factor Turunan
  • Kekurangan Faktor Pembekuan IX (B)
  • Kekurangan Faktor Pembekuan VIII (A)
  • Gejala Penyakit Hemofilia :
  • Luka Sulit Sembuh
  • Mimisan Mendadak
  • Banyak Memar Pada Tubuh
  • Pendarahan Berkepanjangan
  • Terdapat Darah Pada Urin dan Feses
  • Pembengkakan Karena Pendarahan Internal

Pengobatan Pada Penyakit Hemofilia

Pengobatan gejala penyakit hemofilia meskpiun belum ada obat khusus pada penyakit ini karena difaktori genetic, namun penderita biasanya diberikan obat secara injeksi untuk memberhentikan pendarahan. Jadi jika terjadi pendarahan pada penderita, sebaiknya cepat dibawa ke dokter / rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih cepat. lakukan pencegahan untuk tidak terlalu capek dan hindari benturan-benturan yang dapat menyebabkan pendarahan di dalam maupun di luar. Mudah mudah postingan saya bermanfaat dan wawasan anda bertambah terutama mengenai masalah gejala penyakit hemofilia.